Bidik Pelanggar Lalu Lintas, Polantas Gunakan Facebook

NEW DELHI – Polisi lalu lintas di India akan menggunakan Facebook untuk memburu para pelanggar lalu lintas. Sejak membuka akun halaman di Facebook, Polisi lalu lintas menggunakan laporan dan informasi dari penduduk untuk menangkap pengendara-pengendara yang melanggar undang-undang lalu lintas.

Tercatat hingga pekan lalu, jumlah penggemar di halama tersebut telah mencapai sekira 17.000 orang. Foto-foto pelanggaran lalu linta yang  diposting telah mencapai sekira  3.000 puluhan foto dan video seperti dilansir New york Times, Selasa (3/8/2010).

3.000 laporan tersebut  diantaranya menampilkan foto pengendara sepeda motor tanpa helm, atau mobil berhenti di penyeberangan, bahkan pengendara yang sedang berkendara sambil menggunakan ponsel.  “Dengan menggunakan gambar tersebut kepolisian Lalu Lintas telah mengeluarkan 665 surat tilang. Karena foto-foto tersebut menunjukkan plat nomor sehingga mudah melacak pemilik kendaraan, kata bersama anggota kepolisian lalu lintas, Satyendra Garg.

“Meskipun, banyak yang mengkritik masalah privasi, dan keaslian dari foto, respon masyarakat sudah sangat positif,” kata Garg.

Mr Garg mengatakan Facebook memudahkan polisi mengamati pelanggar aturan lalu lintas. “Kami ingin sebuah forum di mana orang bisa mengekspresikan pandangan mereka dan menyarankan perubahan,” tandas Garg. (ugo)

http://techno.okezone.com/read/2010/08/02/55/358943/bidik-pelanggar-lalu-lintas-polantas-gunakan-facebook

Leave a comment